Komponen edit bisa kita gunakan sebagai variabel dalam sebuah perhitungan, misalnya kita bisa buat aplikasi sederhana yang menghitung luas dan keliling persegi panjang.
Dalam contoh digunakan 3 edit yang mana edit1 untuk isian panjang, edit2 untuk isian lebar, edit3 untuk isian hasil. Kemudian ada tombol Luas untuk melakukan proses penghitungan luas dan tombol keliling untuk penghitungan keliling persegi panjang.
Agar ketika aplikasi dijalankan semua komponen edit bersih dari tulisan namanya bisa kita lakukan pembersihan pada prosedur events form OnShow, klik tempat kosong di form pilih tab Events pada Object Inspector, cari OnShow lalu klik 2x. Lalu isi seperti berikut
procedure TForm1.FormShow(Sender: TObject);
begin
Edit1.Text:=''; {berfungsi untuk mengkosongkan Edit}
Edit2.Text:='';
Edit3.Text:='';
Edit3.Enabled:=false; {berfungsi untuk membuat Edit tidak bisa dipilih ataupun diubah secara manual}
Edit1.SetFocus;{berfungsi untuk membuat kursor langsung berada di Edit1}
end;
Sebagai mana kita ketahui rumus menghitung luas adalah Luas=panjang*lebar, dan rumus menghitung keliling adalah Keliling=2*(p+l), nah kita punya edit1 sebagai panjang, edit2 sebagai lebar maka untuk menghitung luas kurang lebih adalah
edit3.text:=edit1.text*edit2.text
yang maksudnya adalah isi teks pada edit3 adalah perkalian dari teks pada edit1 dan edit2, akan tetapi karena text merupakan tipe data String dan tidak bisa dlakukan perkalian maka perlu ada konversi dari String ke Integer (StrToInt)
maka kita buat dulu variabel panjang dan lebar yang bertipe data Integer, pada tombol luas klik 2x dan isi seperti ini
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var panjang,lebar,luas:Integer;
begin
panjang:=StrToInt(Edit1.Text);{mengubah teks pada edit kedalam variabel integer panjang}
lebar:=StrToInt(Edit2.Text);
luas:=panjang*lebar; {rumus menghitung luas}
Edit3.Text:=IntToStr(luas);{ menampilkan luas ke edit3}
end;
maka ketika aplikasi dijalankan kita isi panjang dan lebar kemudian klik tombol luas maka akan tampil seperti berikut
Coba Lakukan hal yang sama pada tombol Keliling
Tidak ada komentar:
Posting Komentar